Beranda PERISTIWA Sosialisasi Wabah Chikungunya Babinsa Kodim Klungkung Bersinergi Dengan Dinkes Dan Perangkat Desa

Sosialisasi Wabah Chikungunya Babinsa Kodim Klungkung Bersinergi Dengan Dinkes Dan Perangkat Desa

96
0

Indonesiaseharusnya-bali.com – Klungkung, Sebagai upaya pencegahan, Babinsa desa Kp. Kusamba Serma Yudi Suhartono bersama dengan dinas kesehatan Dawan dan aparat desa melaksanakan sosialisasi wabah Chikungunya, Sabtu (04/06/22).

Serma Yudi mengatakan, hari ini bersama Dinkes Dawan dan perangkat desa kita gelar pemeriksaan serta pengecekan di rumah-rumah warga.

“Kita sasar tempat-tempat yang memiliki potensi menjadi sarang serta perkembang biakan nyamuk, sekaligus kegiatan ini kita rangkai dengan sosialisasi tentang pencegahan penyakit Chikungunya,“ jelasnya.

Sementara itu dr. Purwa menyampaikan bahwa salah satu pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa menerapkan PHBS, dengan cara memelihara sanitasi dan jangan membiarkan air menggenang, sehingga mengakibatkan berkembangbiaknya jentik nyamuk yang menyebarkan Chikungunya,“ ungkapnya.

Terpisah, Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, SH. M.Si menyampaikan penyakit Chikungunya disebabkan oleh sejenis virus, yaitu Alphavirus dan ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

“Salah satu upaya prefentif yang bisa dilakukan adalah mengendalikan vektor nyamuk, dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Tidak hanya pada pribadi namun termasuk lingkungan,“ imbuhnya.

“Untuk itu, para Babinsa di wilayah binaan harus peka dan aktif untuk memberikan himbauan, sesialisasi maupun edukasi tentang pentingnya pola hidup yang bersih dan sehat,“ pungkas Dandim.

Red.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here