Beranda PERISTIWA PPSDM KEBTKE Gelar Kegiatan Media Gathering

PPSDM KEBTKE Gelar Kegiatan Media Gathering

19
0

indonesiaseharusnya-bali.com – Kab Bandung Barat -Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarkan, dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE), Melaksanakan kegiatan “Media Gathering PPSDM KEBTKE” yang dihadirioleh 22 jurnalis yang mewakili 15 media yang selenggarakan di Kampus PPSDM Geominerba KESDM
Gunungmasigit, Kecamatan. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis 10/11/2022.

Unit setingkat eselon dua ini  berada di bawah BPSDM Kementerian ESDMyang berada di Ciracas, Jakarta Timur  ini melayani dan menyelengarakan  diktat, berbasis kompetensi, sertifikasi kompetensi, bimbingan teknis dan inhouse training, konsultasi dan audit energi pada bangunan gedung dan industri, serta pemanfaatan fasilitas PPSDM KEBTKE.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM KEBTKE yang diwakili oleh Sub Koordinator Sarana Prasarana Pengembangan SDM dan Informasi Zainul Pulungan, S.T., M.B.A. Hadir pula Endah Heliana, S.Sos., M.Si.  selaku Pranata Humas PPSDM KEBTKE.

Masyarakat yang dihadapkan dengan kualitas lingkungan semakin menurun. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya suhu bumi, meningkatnya pencemaran lingkungan akibat industrialisasi dan rumah tangga, juga berdampak pada menipisnya sumber daya alam. Hal ini tentunya menjadi permasalahan serius bagi kehidupan manusia, termasuk  bagi perekonomian bangsa.

“Diharapkan Media Gathering dapat mensosialisasikan tugas dan fungsi PPSDM KEBTKE kepada media massa dan masyarakat luas dalam melaksanakan penyelenggaraan diklat, sertifikasi, bimbingan teknis dan _inhouse training_, konsultasi dan audit energi  terkait dengan ketenagalistrikan, energi baru, terbarukan, dan konservasi energi.

“saat ini, para generasi muda juga dapat menjadi pahlawan khususnya di bidang energi dengan menggunakan energi secara bijak dan melakukan konversi energi sesuai dengan amanah pemerintah dalam mendukung komitmen Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060,” kata Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Ir. A. Susetyo Edi Prabowo, M.Si. dalam sambutannya yang diwakili oleh Sub Koordinator Sarana Prasarana Pengembangan SDM dan Informasi Zainul Pulungan, S.T., M.B.A. saat Media Gathering PPSDM KEBTKE bertempat Kampus Lapangan Cipatat Geomin Kementerian ESDM, Cipatat Bandung Barat (10/11).

Sejalan dengan hal di atas, PPSDM KEBTKE sesuai dengan visi-misinya terus berusaha mendukung komitmen Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060, serta mendukung bidang Green Jobs dengan menyenggarakan diklat berbasis kompetensi, sertifikasi kompetensi, bimbingan teknis dan inhouse training, konsultasi dan audit energi pada bangunan gedung dan industry terkait dengan energi baru dan terbarukan, serta konservasi energi.  

“Kami berharap, apa yang kami upayakan dapat mewujudkan kondisi lingkungan yang lebih baik, dan mewarisinya bagi anak cucu kita,” lanjut Kapus PPSDM KEBTKE dalam sambutannya. PPSDM KEBTKE menyampaikan ucapan terima kasih kepada rekan-rekan media yang dapat hadir, para undangan, dan para peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan Media Gathering PPSDM KEBTKE.


Dalam PP tersebut, pemerintah menyoroti tentang Konservasi Energi Nasional yang menjadi tanggung jawab pemerintah, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, dan masyarakat. Hal ini dilakukan berdasarkan rencana induk konservasi energi nasional.”Immbuhnya.

Adapun, pada Pasal 25 Ayat 2 PP No. 70 Tahun 2009 tentang Konservasi Energi disebutkan bahwa Pengguna sumber energi dan pengguna energi yang menggunakan sumber energi dan/atau energi lebih besar atau sama dengan 6.000 (enam ribu) setara ton minyak per tahun wajib melakukan konservasi energi melalui manajemen energi.  PPSDM KEBTKE telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melaksanakan Audit Energi di 10 Gedung Pemprov DKI Jakarta, mencakup Dinas, Puskesmas, RSUD yang berlangsung sejak Juli sampai Oktober 2022.

Narahubung:  Endah  Pranata Humas Muda PPSDM KEBTKE (081316072186)

PPSDM KEBTKE
Jl. Raya Poncol No.39, RT.12/RW.7, Susukan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13740
Telp. 021-8729101
Whatsapp. +62 811 807 0039

Web https://ppsdmkebtke.esdm.go.id/
Email: informasi.ppsdmkebtke@esdm.go.id
Instagram: @ppsdmkebtke
Twitter: @ppsdmkebtke
Facebook: PPSDM KEBTKE KESDM
Youtube: PPSDM KEBTKE KESDM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here