Beranda PENDIDIKAN PPRA 63 Lemhannas RI Lakukan Studi Lapangan ke Provinsi Bali

PPRA 63 Lemhannas RI Lakukan Studi Lapangan ke Provinsi Bali

115
0
Caption Foto: Gubernur Lemhannas RI bersama peserta PPRA 63 saat melaksanakan SLISN ke Provinsi Bali

Indonesiaseharusnya-bali.com | Gubernur Lemhannas RI bersama peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 63 melakukan Studi Lapangan Isu Strategis Nasional (SLISN) ke Provinsi Bali. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 13 sampai dengan 17 Juni 2022.

SLISN merupakan kegiatan peninjauan langsung ke daerah yang memiliki nilai strategi nasional guna memperoleh informasi, data, dan fakta secara lebih rinci mengenai keunggulan daerah yang dikunjungi.

SLISN ini juga dilaksanakan untuk menambah komprehensivitas bahan seminar nasional PPRA 63 dan sebagai masukan dalam penyusunan Kertas Karya Ilmiah Perseorangan (Taskap) masing-masing peserta.

Para peserta menggali nilai strategis tersebut melalui audiensi, Focus Group Discussion (FGD), dan peninjauan objek unggulan daerah atau nasional di masing-masing wilayah.

SLISN PPRA 63 Lemhannas RI di Provinsi Bali diawali dengan FGD tentang Program Penguatan Desa dan Pertanian Organik yang dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama dihadiri oleh Akademisi Universitas Udayana Dr. Drs. Anak Agung Sudiana, S.H., A.M.A., M.H., Kepala Dinas Pemajuan Masyarakat Adat Provinsi Bali I G.A.K. Kartika Jaya Seputra, S.H., M.H., dan Bendesa Agung Provinsi Bali Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet sebagai narasumber.

Pada sesi kedua, dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali Dr. I Wayan Sunada, S.p., M.Agb., Akademisi Universitas Udayana Prof. Ir. I Made Supartha Utama, M.S., Ph.D., dan Kepala Desa Sidan Made Sukra.

Dalam kesempatan tersebut, para peserta mengunjungi 4 objek kunjungan, yakni, Kantor Pemerintah Provinsi Bali, Desa Adat Guwang Kabupaten Gianyar, Pertanian Organik Desa Sidan Kabupaten Gianyar, serta Pertanian Organik dan Agrowisata Jati Luwih.

SLISN ke Provinsi Bali diikuti oleh 25 peserta PPRA 63 dan didampingi oleh Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto, Tenaga Ahli Pengajar Bidang Sismennas Lemhannas RI Marsda TNI Andi Heru Wahyudi, Tenaga Profesional Bidang Sumber Kekayaan Alam dan Ketahanan Nasional Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daihani, D.E.A., Tenaga Ahli Pengkaji Madya Bidang Wawasan Nusantara Lemhannas RI Marsma TNI Saefullah beserta staf Lemhannas RI.

Melalui kegiatan ini, peserta diharapkan dapat memiliki kepekaan terhadap isu lokal atau nasional yang berkembang di suatu wilayah dan meningkatkan wawasan kebangsaan. Selain itu juga para peserta mendapat gambaran tentang kondisi ketahanan nasional serta lebih dekat dengan kemajuan pembangunan nasional di daerah atau provinsi yang dikunjungi.

SLISN PPRA 63 Lemhannas RI juga dilaksanakan ke tiga provinsi lain, yakni Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Kalimantan Barat, dan Provinsi Kalimantan Tengah dengan peserta serta pendamping yang berbeda.

Narahubung: Maulida (082229125536) / Endah (081316072186)

Biro Humas Lemhannas RI
Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110
Telp. 021-3832108/09
http://www.lemhannas.go.id
Instagram : @lemhannas_ri
Facebook : lembagaketahanannasionalri
Twitter : @LemhannasRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here