Beranda TNI & POLRI Peduli Kebersihan Wilayah, babinsa Satra Kunjungi TPST

Peduli Kebersihan Wilayah, babinsa Satra Kunjungi TPST

76
0

Indonesiaseharusmya-bali.com – Klungkung, Memiliki wilayah yang bersih, asri dan sehat tentunya menjadi dambaan semua orang, tak terkecuali Babinsa desa Satra Sertu I Ketut Sudarma dalam membina wilayah binaannya.

Seperti halnya saat ini kepedulian Sertu Ketut terlihat saat dirinya bersama Bhabinkamtibmas memantau sekaligus menyambangi tempat pengolahan sampah di wilayah binaannya.

“Kebersihan adalah pangkal kesehatan dan dari kesehatan otomatis kita dapat melakukan berbagai aktifitas dengan baik,“ ucap sertu Ketut disela kegiatannya.

Hari ini bersama Bhabinkamtibmas kita sambang sekaligus monitoring kegiatan pengolahan sampah dari rumah-rumah warga yang dikumpulkan jadi satu di TPST ini. Kita juga berkomunikasi dan berkoordinasi dengan para pengurus dan pekerja di TPST ini tentang pengelolaan serta hambatan yang dihadapi terkait sampah ini, “terangnya.

Sementara itu, Dewa Ketut Suardika (39 tahun), salah satu pekerja mengatakan bahwa sampah-sampah yang ada di tiap rumah, nantinya diangkut oleh petugas dan dikumpulkan di TPST ini.

“Disini nantinya untuk sampah dipilah baik yang masuk katagori organik dan non organik. Untuk organik langsung kita proses dan olah menjadi pupuk yang nantinya diberikan kepada masyarakat, sedangkan untuk non organik kita bawa ke pengepul karena saat ini kita belum mampu untuk mengolahnya,“ imbuhnya.

Terpisah, Dandim Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, SH. M.Si menyampaikan bahwa sampah memang menjadi salah satu permasalahan hampir diseluruh wilayah. Namun hal tersebut tentunya dapat di minimalisisr dengan kesadaran pribadi masing-masing untuk tertib dan disiplin menjaga kebersihan, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Saat ini hampir di setiap desa sudah ada TPST yang nantinya sebagai titik pusat pengolahan sampah. Hal ini tentu menjadi salah satu solusi agar sampah tidak menumpuk, bahkan dari hasil pengolahan bisa jadi bermanfaat,“ lanjutnya.

“Untuk itu, disiplin serta kesadaran masyarakat dalam membuang sampah menjadi hal yang sangat penting dalam menjaga kebersihan suatu wilayah,“ imbuhnya.

(Red/)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here