Beranda TNI & POLRI Peduli Budaya Dan Kearifan Lokal, Babinsa Nusa Penida Kawal Tradisi Mepeed

Peduli Budaya Dan Kearifan Lokal, Babinsa Nusa Penida Kawal Tradisi Mepeed

105
0

Indonesiaseharusnya-bali.com – Klungkung, Acara tradisi Mepeed sebagai rangkaian Ngaben massal di Banjar Gelagah Desa Kutampi- Nusa Penida tak luput dari perhatian Babinsa desa Kutampi Serma I Nyoman Antana.

Bersinergi dengan Bhabinkamtibmas, perhatian Serma Nyoman tersebut diwujudkan dengan memberikan pengawalan serta pengamanan jalannya tradisi agar berjalan aman dan lancar.

Mepeed merupakan tradisi yang sudah dilaksanakan turun temurun, dimana arti dari mepeed tersebut adalah jalan beriringan. Kegiatan ini digelar sebagai rangkaian dari upacara Ngaben,”ungkapnya.

Intinya kehadiran kita membantu mengawal dan membrikan keamanan bagi masyarakat, apalagi kegiatan ini digelar di jalan raya. Bersama Bhabinkamtibmas kita bantu dalam mengatur arus lalu lintas, sekaligus kita berikan himbauan tentang Prokes, “terangnya.

Terpisah, Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, SH. M.Si, Bali terkenal memiliki kekayaan adat dan budaya, baik dalam kultur tradisional maupun modern.

Hal tersebut tentunya tak lepas dari perhatian dirinya beserta jajarannya, Untuk itu kehadiran Babinsa dalam berbagai kegiatan adat merupakan peran aktif Kodim Klungkung, tidak hanya dalam memberikan pengamanan serta penerapan Prokes semata, namun sebagai wujud menjaga serta melestarikan tradisi dan kearifan budaya lokal, “jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here