Beranda TNI & POLRI Jaga Tradisi Tetap Lestari, Babinsa Kodim Klungkung Tanam Pohon Kelapa Bersama Warga

Jaga Tradisi Tetap Lestari, Babinsa Kodim Klungkung Tanam Pohon Kelapa Bersama Warga

206
0

Indonesiaseharusnya-bali.com – Klungkung,- Tumpek wariga merupakan upacara bagi umat Hindu yang berkaitan dengan lingkungan, terutama dalam melestarikan pepohonan.

Demikian disampaikan Sertu I Ketut Sudarma Babinsa desa Satra, kecamatan Klungkung saat bersama sama dengan aparat desa terkait berpartisipasi dalam penanaman pohon kelapa untuk memperingati Tumpek Wariga, Jumat ( 13/05/22 ).

Kegiatan ini digelar sesuai intruksi Gubernur Bali tentang perayaan rahina tumpek wariga dengan upacara Wana Kerthi sebagai pelaksanaan Tata-titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan Lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru, ungkapnya.

Sementara itu, Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, SH. M.Si mengatakan bahwa salah satu kewajiban Babinsa adalah selalu berperan aktif dalam memantau maupun membantu berbagai kegiatan masyarakat di wilayah binaannya.

Salah satunya ikut berperan serta dalam kegiatan upacara keagamaan seperti ini. Perayaan Tumpek Wariga merupakan salah satu kearifan lokal dari para leluhur sebagai upaya menjaga lingkungan tetap lestari dengan menanam pohon, imbuhnya.

Hal ini merupakan wujud interaksi dan persahabatan yang harmonis antara manusia dengan lingkungannya. Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum dalam menjaga tradisi agar terus lestari di bumi Gema Santi ini, tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here