Beranda SENI & BUDAYA Festival Adat dan Budaya Nusantara I Digelar, Dandim Klungkung Berharap Angkat Pesona...

Festival Adat dan Budaya Nusantara I Digelar, Dandim Klungkung Berharap Angkat Pesona Bali

91
0

Indonesiaseharusnya-bali.com – Kabupaten Klungkung, Melalui tema “Membangun Ekosistem Masyarakat Adat dan Budaya Yang Bermanfaat dan Mendunia, event Festival Adat dan Budaya Nusantara I resmi digelar di Alun-Alun I Dewa Agung Jambe, kelurahan Semarapura Klod, Klungkung, Kamis (18/08/22).

Dihadiri Sekertaris Menparekraf Dra Ni Wayan Giri Adnyani, even Festival Adat dan Budaya Nusantara yang baru pertama kali diadakan ini menghadirkan para raja se-nusantara dan mancanegara, termasuk Raja Klungkung Ida Dalem Semaraputra, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta bersama Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat SH., M.Si serta pejabat instansi Klungkung dan ratusan undangan lainnya.

Disamping event Festival Adat dan Budaya Nusantara I, acara ini juga, sekaligus dirangkai dengan pengukuhan DPP MATRA (Masyarakat Adat Nusantara) masa bhakti 2022 – 2027.

Dalam sambutan Menparekraf RI yang diwakilkan Sekertaris Menparekraf disampaikan bahwa kegiatan ini adalah sebuah inovasi dan kolaborasi guna melestarikan adat budaya warisan leluhur.

Budaya merupakan jati diri bangsa dan sebuah potensi dalam bidang pariwisata, sehingga dapat meningkatkan ekonomi guna mensejahterakan kehidupan masyarakat. Semoga melalu pergelaran acara ini kita akan semakin mencintai budaya kita,”terangnya.

Sementara itu saat ditemui usai kegiatan, Dandim 1610/Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat SH., M.Si mewakili Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa merupakan suatu kebanggaan bagi Bali, khususnya kabupaten Klungkung yang dipercaya menjadi tuan rumah Festival Adat dan Budaya Nusantara I yang baru pertama kali diadakan.

Menurutnya, festival ini akan semakin memperkuat silaturahmi kerajaan dan lembaga adat di nusantara maupun dunia, sekaligus akan menjadi pendongkrak potensi adat, budaya maupun pariwisata di wilayah provinsi Bali, “ucapnya.

Semoga dengan event Festival Adat dan Budaya Nusantara I ini akan semakin mengangkat pesona serta membangkitkan kembali Bali sebagai salah satu destinasi budaya, tradisi serta wisata yang sudah terkenal di dunia, “pungkas Dandim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here