Beranda PENDIDIKAN Disrupsi Teknologi Pasca Pandemi Covid-19

Disrupsi Teknologi Pasca Pandemi Covid-19

95
0

Indonesiaseharusnya-bali.com – Jakarta, Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin menyebutkan teknologi telah mendisrupsi berbagai aspek kehidupan pasca pandemi covid-19, misalnya penggunaan robot di Singapura untuk melakukan survei lokasi konstruksi dan menjadi penjaga perpustakaan nasional.

“Itu hanya salah satu contoh bagaimana teknologi mendisrupsi kehidupan kita pasca Pandemi Covid-19,” kata Wakil Presiden RI saat memberikan Kuliah Umum kepada peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 63 dan 64 Tahun 2022 di Auditorium Gadjah Mada, Lemhannas RI pada Selasa (7/6).

Menurut Wakil Presiden RI, pandemi Covid 19 telah mengamplifikasi dampak transformasi teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Banyak kemajuan dan solusi dari berbagai persoalan di dunia yang dihasilkan oleh ilmu pengetahuan dan teknologi, misalnya vaksin Covid 19.

“Pandemi Covid 19, misalnya, dapat dikendalikan antara lain berkat vaksin Covid 19, yang merupakan buah kerja keras para ilmuwan, dibantu oleh teknologi kesehatan yang mutakhir,” kata Wakil Presiden RI.

Oleh sebab itu, pemerintah telah mencanangkan percepatan transformasi digital nasional melalui empat pilar, yakni pengembangan SDM talenta digital, pengembangan infrastruktur digital, pemerintahan digital, dan ekonomi digital.

Wakil Presiden RI menilai pengembangan dan penerapan teknologi harus semakin masif, tidak hanya di perkotaan tetapi juga sampai ke pedesaan. Tidak hanya itu, literasi digital masyarakat di seluruh pelosok tanah air juga harus ditingkatkan.

Hal ini dilakukan tidak hanya untuk merealisasikan berbagai program pembangunan nasional tetapi juga mewujudkan visi kepemimpinan di tingkat global. “Semua tugas ini membutuhkan komitmen para pemimpin di tingkat pusat maupun daerah,” kata Wakil Presiden RI.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Dr. Purwadi Arianto, M.Si., Kepala Sekretariat Wakil Presiden Prof. Ahmad Erani Yustika, S.E., M.Sc., PhD., Deputi Pendidikan Kepemimpinan Tingkat Nasional Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P., Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Sekretariat Wakil Presiden Lukman Hakim Siregar, Staf khusus Wakil Presiden Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Reformasi Birokrasi Mohamad Nasir, Wakil Tenaga Profesional Lemhannas RI Mayjen TNI (Purn) E. Imam Maksudi, Wakil Koordinator Tenaga Ahli Pengajar Lemhannas RI Mayjen TNI Rido Hermawan, M.Sc., dan para pejabat struktural Lemhannas RI.

Selain itu hadir pula para Tenaga Profesional Lemhannas RI, para Tenaga Ahli Pengajar Lemhannas RI, dan Tenaga Ahli Pengkaji Lemhannas RI secara virtual.


Biro Humas Lemhannas RI
Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110
Telp. 021-3832108/09
http://www.lemhannas.go.id
Instagram : @lemhannas_ri
Facebook : lembagaketahanannasionalri
Twitter : @LemhannasRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here