Beranda TNI & POLRI Di Guncang Gempa, Kodim Klungkung Tanggap Bencana

Di Guncang Gempa, Kodim Klungkung Tanggap Bencana

120
0

Indonesiaseharusnya-bali.com – Klungkung, Goncangan gempa yang disertai alarm bencana alam terdengar nyaring di Makodim 1610/Klungkung pagi ini.
Sontak saja hal tersebut membuat ketenangan satuan dibawah kendali Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, SH. M.Si berubah menjadi ramai. Tampak prajurit dan PNS yang sedang bekerjapun terlihat keluar ruangan.

Tidak hanya menyelamatkan diri dan barang, bahkan beberapa personel terlihat dengan sigap menyelamatkan rekannya yang terluka untuk diamankan di titik yang telah ditentukan untuk mendapatkan pertolongan pertama dari tim kesehatan.

Itulah simulasi penanggulangan gempa bumi yang digelar oleh Kodim 1610/Klungkung dalam melatih kemampuan prajuritnya ketika menghadapi suatu bencana, Rabu, 27 April 2022.

Simulasi ini dilaksanakan dalam rangka menguji kesiapsiagaan Kodim 1610/Klungkung dalam menghadapi bencana alam khususnya gempa bumi, ungkap Pjs. Pasiops Kodim Klungkung Kapten Inf I Gede Suastika.

Latihan itu, di fokuskan pada tindakan yang wajib dilakukan dan dihindari saat terjadinya gempa dan kemampuan, kesigapan serta koordinasi ditiap-tiap bagian sesuai dengan protap satuan tentang penanggulangan bencana alam, imbuhnya.

Sementara itu, Dandim Klungkung menjelaskan, simulasi ini sengaja digelar untuk melatih kesiapsiagaan Kodim dalam tanggap bencana alam yang meliputi, kepekaan terhadap tanda-tanda bencana, mengambil sikap dan tindakan ketika menghadapi bencana serta tindakan paska bencana.

Menurutnya, upaya itu tentunya tidak akan tercapai tanpa diimbangi dengan peningkatkan kualitas kemampuan dan keterampilan baik personel maupun satuan.

Untuk itu, salah satu kunci untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan berlatih dan terus berlatih, terangnya.

Ingat, bencana alam bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, dengan latihan seperti ini besar harapannya dapat meminimalisir terjadinya korban pada saat terjadi bencana alam, tegas Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, SH. M.Si.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here