Beranda TNI & POLRI Bangun Jiwa Patriotisme , Kodim Klungkung Bekali KKN UNUD Bela Negara Dan...

Bangun Jiwa Patriotisme , Kodim Klungkung Bekali KKN UNUD Bela Negara Dan Cinta Tanah Air

153
0

Indonesiaseharusnya-bali.com – Klungkung, Kehadiran mahasiswa dan mahasiswi Universitas Udayana ( UNUD ) yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Periode XXV tahun 2022 diwilayah binaanya tak lepas dari perhatian Kodim 1610/Klungkung.

Perhatian itupun diwujudkan, saat Serka Asih Babinsa desa Banjarangkan bersama Bhabinkamtibmas memberikan pembekalan bela negara dan cinta tanah air kepada peserta KKN yang ada di desa Banjarangkan, Selasa (19/07/22).

Dalam materinya, Serka Asih menyampaikan bahwa bela negara merupakan kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia. Bela negara bukan hanya tentang perang dengan mengangkat senjata, namun melalui kecintaan kita kepada tanah air dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat sesuai tugas dan bidangnya masing-masing, sejatinya adalah wujud bela negara.

Apalagi sebagai generasi muda dan calon-calon penerus bangsa, wawasan kebangsaan, bela negara dan kecintaan kepada tanah air harus terpatri dan selalu tumbuh kembang dalam sanubari. Generasi muda harus memiliki jiwa patriotisme , sadar berbangsa dan bernegara serta yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, ‘terangnya.

Terpisah, Dandim Klungkung Letkol Inf Suhendar Suryaningrat, SH. M.Si juga menyampaikan bahwa wujud bela negara dan cinta tanah air, tidak hanya ikhlas mengabdi, membela serta melindungi kedaulatan bangsa.

Akan tetapi bagaimana kita bisa melakukan hal-hal positif yang mampu berdampak terhadap kemajuan bangsa dan menahan diri dari tindakan-tindakan yang membawa kerugian bagi masyarakat,” ujarnya.

Sebagai contoh, KKN yang sedang digelar mahasiswa dan mahasiswi Universitas Udayana ( UNUD ) di wilayah teritorialnya saat ini, dengan ilmu yang dimiliki dapat memberikan kontribusi serta manfaat bagi wilayah dan masyarakat serta tetap menjaga etika dalam menghormati kearifan lokal wilayah merupakan wujud bela negara dan cinta tanah air, “imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here