Beranda SENI & BUDAYA Apresiasi Pelestarian Seni Budaya Lokal, Babinsa Kodim Klungkung Hadiri Pertunjukan Gong Kebyar...

Apresiasi Pelestarian Seni Budaya Lokal, Babinsa Kodim Klungkung Hadiri Pertunjukan Gong Kebyar Wanita

97
0

Indonesiaseharusnya-bali.com – Klungkung, Babinsa desa Jungut batu Sertu Olievera menghadiri kegiatan pertunjukan Gong kebyar wanita Crekeh Genjer desa Lembongan, kecamatan Nusa Penida, Kamis (09/06/22).

Kegiatan yang dipimpin langsung langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta tersebut digelar dalam rangka menyambut Pesta Kesenian Bali ( PKB ) ke 44 tahun 2022 yang akan digelar pada bulan ini.

Dalam sambutannya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, pertunjukan malam ini merupakan wahana uji coba bagi Gong kebyar wanita Crekeh Genjer desa Lembongan, kecamatan Nusa Penida yang akan menjadi duta mewakili kabupaten Klungkung di Pada Pesta Kesenian Bali ( PKB ) ke – 44 pada 30 Juni mendatang.

Untuk itu, dirinya berpesan agar tetap berlatih dan menjaga kekompakan, sehingga saat pelaksanaan nanti akan dapat menampilkan yang terbaik, “imbuhnya.

Sementara itu, Babinsa Jungut Batu Sertu Olievera mengatakan bahwa kehadirannya ini merupakan wujud kepedulian serta apresiasi terhadap budaya dan kesenian, khususnya Gong kebyar wanita Crekeh Genjer desa Lembongan, kecamatan Nusa Penida.

Disamping itu, inilah bentuk dukungannya kepada pelestarian seni budaya lokal yang ada di wilayah teritorialnya, “ungkapnya.

Terpisah, Dandim Klungkung letkol Inf Suhendar Suryaningrat, SH. M.Si menambahkan menjaga dan melestarikan adat istiadat, budaya dan seni lokal adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama.

Untuk itu, Babinsa yang memiliki fungsi pembinaan di tingkat desa tentunya juga harus pro aktif, tidak hanya dalam memberikan dukungan dan motivasi semata, namun harapannya juga bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan budaya dan kesenian di wilayah binaan, “bebernya.

Seiring dengan cepatnya perkembangan zaman di era digital saat ini, dibutuhkan kesadaran dan konsistensi akan pentingnya menjaga dan melestarikan seni budaya lokal yang menjadi salah satu identitas bangsa agar tidak hilang begitu saja, “tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here